BERBAGAI PERSOALAN KOMPUTASI
Hallo teman-teman semuanyaaađź‘‹❤
Kali ini masih membahas scratch.Ketika ingin membuat program untuk menyelesaikan persoalan, kamu perlu memahami persoalan tersebut terlebih dahulu dengan cara memahami input apa saja yang akan mengubah keluaran (hasil), langkah-langkah penyelesaian yang diperlukan, dan apa saja output yang diharapkan. Disini persoalan yang akan diselesaikan yaitu membuat program fungsi kuadrat.
Langkah-langkah untuk membuat program fungsi kuadrat di Scratch dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
1.Jalankan Scratch dan buat proyek yang baru.
2. Tambahkan background berupa gambar garis sumbu x dan y menggunakan file yang sudah disiapkan untuk sumbu x dan y pada grafik fungsi yang akan digambar.
3. Atur Size dari Sprite 1 menjadi 20%.
4. Tambahkan variabel-variabel yang akan digunakan dalam penghitungan dan menggambar grafik fungsi.
a. Variabel a, a, c untuk menyimpan nilai konstanta untuk fungsi y = ax^2 + bx + c. Atur agar nilai ketiga variabel ditampilkan di Stage.
b. Variabel D menyimpan nilai determinan fungsi, nilai ditampilkan di Stage.
c. Variabel xp dan yp untuk menyimpan nilai x minimum/maksimum dan y minimum/maksimum. Nilai kedua variabel ditampilkan di Stage.
d. Variabel X1 dan X2 untuk menyimpan nilai akar dari fungsi. Nilai kedua variabel ditampilkan di Stage.
e. Variabel x dan y untuk menyimpan nilai x dan y sesungguhnya untuk setiap titik yang ketika menggambar grafik fungsi. Nilai kedua variabel ditampilkan di Stage.
f. Variabel TitikX dan TitikY untuk menyimpan nilai x dan y setelah dikonversi dengan skala Stage di Scratch untuk setiap titik yang dipakai ketika menggambar grafik fungsi. TitikX dan TitikY merupakan nilai x dan y dikali dengan 10. Nilai kedua variabel tidak ditampilkan di Stage.
5. Perhatikan Stage, variabel yang ditampilkan di Stage sama seperti gambar pada langkah kedua.
6. Pada tab My Blocks, tambahkan blok baru dengan nama 'Atur kondisi awal', kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blok perintah untuk mendefinisikan blok tersebut.
8. Pada tab My Blocks, tambahkan blok baru yang disebut dengan nama 'Hitung D, xp, yp', kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blok perintah untuk mendefinisikan blok tersebut.
10. Pada tab My Blocks, tambahkan blok baru dengan nama 'Gambar grafik', kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blok perintah untuk mendefinisikan blok tersebut.
Komentar
Posting Komentar